Wajib Tahu! 4 Tahap-Tahap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini

Wajib Tahu! 4 Tahap-Tahap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini

December 7, 2021 Off By admin

Pertumbuhan buah hati memang bisa diukur lewat angkan, namun selain itu perkembangan lainnya juga bisa ditandai dengan perubahan perlikau atau kemampuan si kecil. Salah satunya yaitu bisa dilihat dari perkembangan bahasanya.

Bahasa adalah alat komunikasi yang digunakan untuk berpikir, mengekspresikan perasaan, dan menerima pikiran orang lain. Karena hal itulah, aspek perkembangan bahasa anak pada usia dini perlu dipelajari lebih lanjut.

Apa Saja Tahap-Tahap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini?

Ternyata tahap-tahap perkemangan bahasa anak sudah dimulai sejak dini lho. Ketika memasuki usia di atas 1 tahun biasanya buah hati bisa mengatakan beberapa suku kata saja, serta mengulangnya secara bersamaan namun masih memiliki perbendaharaan kata yang sederhana.

Kalau dilihat dari fasenya, aspek perkembangan bahasa anak tentunya berbeda-beda. Maka dari itu, kami akan memberikan beberapa tahapan yang perlu orang tua ketahui, di antaranya yaitu:

  1. Pada Usia 0 Sampai 12 Bulan

Pada awalnya buah hati hanya bisa merespin suara dari orang tua, entah itu ibu atau ayah. Serta bisa menunjukannya dengan memberikan ekspresi entah itu bahagia ataupun menangis dalam keadaan tertentu.

Selanjutnya, buah hati akan mulai merespin dengan mengulang konsonan ataupun huruf vokal , serta memahami perintah perbal atau mengetahui arah datangnya suara.

  1. Pada Usia 1 Sampai 2 Tahun

Pada masa ini, perkembangan bahasa anak adalah memahami kata-kata tunggal ataupun bisa memproduksi dan mengucapkannya. Karena, pada usia tersebut, anak sudah mulai bisa menggunakan kemampuan dari hidung, mata, tangan, dan juga telingan.

Dalam tahapan ini, perkembangan bahasa anak akan lebih bisa memahami makna dibalik beberapa kalimat sederhana, contohnya saja yaitu disuruh mengambil mainan ataupun yang lainnya.

  1. Pada Usia 2 Sampai 3 Tahun

Pada usia ini, anak sudah mempu memahami kata-kata sederhana, kemudian mereka akan belajar memahami katak-kata yang telah diucapkan oleh orang-orang sekitar. Karena hal itulah, usia ini sudah bisa memahami ataupun mengucapkan kata-kata dasar seperti memanggil orang tua dan yang lainnya.

Ajarilah anak untuk mencoba mengingat sesuatu, seperti halnya nama-nama binatang, huruf vocal, dan masih banyak lagi.

  1. Pada Usia 3 Sampai 4 Tahun

Karena sudah memasuki usia ini, maka anak sudah mulai bisa memikirkan lingkungan di sekitarnya. Selain itu, kemampuan bahasanya juga sangat meningkat dengan pesat, entah itu dari segi kosa kata ataupun yang lainnya.

Ajaklah anak untuk berbicara kata-kata yang lain, agar perbendaharaan suku katanya lebih banyak lagi untuk meningkatkan kemampuannya kelak.

Nah, itulah beberapa tahapan perkembangan bahasa anak usia dini yang wajib orang tua ketahui. Jadi ajarilah buah hati kalian sesuai usianya, ya. Sekian dulu dari kami dan terima kasih banyak sudah membaca artikel ini. Sampai jumpa lagi.