Toyota Kijang Innova Hybrid, Calon Pendatang Baru yang Dinanti-nantiToyota Kijang Innova Hybrid, Calon Pendatang Baru yang Dinanti-nanti

Toyota Kijang Innova Hybrid, Calon Pendatang Baru yang Dinanti-nantiToyota Kijang Innova Hybrid, Calon Pendatang Baru yang Dinanti-nanti

October 16, 2021 Off By admin

Dewasa ini, mobil hybrid menjadi salah satu kendaraan yang banyak diminati masyarakat. Tak heran karena kendaraan dengan dua jenis teknologi untuk sumber tenaganya ini diklaim lebih irit dari segi bahan bakar. Salah satu mobil versi hybrid terlaris adalah kendaraan racikan Toyota, dan Innova pun menjadi salah satu mobil yang akan disematkan teknologi canggih ini.

Rumor pun semakin santer terdengar, setelah MPV terlaris Toyota ini masuk ke dalam jajaran 10 model hybrid. Kapan kira-kira akan siap mengaspal di Indonesia? Bagaimana dengan spesifikasinya, apakah lebih unggul dari Toyota Innova pendahulunya?

Pertama di Indonesia

Jika mengingat kembali jajaran mobil hybrid yang dijual di Indonesia, belum ada model multi purpose vehicle (MPV) yang mengusung mesin ini. Sehingga jika nantinya telah dikonfirmasi tanggal peluncurannya, maka praktis menjadi MPV hybrid pertama yang dijual di Tanah Air. Menarik, bukan?

Kapan Akan Diluncurkan?

Berdasarkan informasi yang beredar, Toyota sedang mempersiapkan Innova versi hybrid sebagai senjata baru di pasar otomotif Indonesia. Toyota nantinya berniat memproduksi 10 model, mulai dari versi Plug in Hybrid Vehicle (PHEV) hingga versi Battery Electric Vehicle (BEV) dimana Kijang 2022 masuk ke dalam daftar PHEV tersebut.

Disebut-sebut mobil Innova ini siap meluncur di Tanah Air pada kuartal kedua tahun 2022. Dimana sebelumnya pihak PT TAM telah mengonfirmasi rencana pembuatan mobil hybrid Toyota dalam acara webinar bertema electrification day pada November 2020 lalu. Kala itu, vice president PT TAM menyatakan jika perusahaannya siap untuk melakukan lokalisasi HEV (Hybrid Electric Vehicle).

Mesin Apa yang Mungkin Akan Disematkan?

Berbicara tentang dapur pacu, belum jelas apakah Innova model ini nantinya akan hadir menggunakan bahan bakar minyak diesel atau bensin. Bahkan tak menutup kemungkinan akan hadir dalam kedua versi bahan bakar minyak tersebut.

Apakah Toyota Innova hybrid bermesin diesel benar-benar mungkin terwujud? Pasalnya jika hadir dalam mesin bensin tentu bukanlah hal baru bagi MPV populer ini, mengingat sebelumnya telah ada versi hybrid untuk Corolla Cross, Corolla Altis, dan juga C-HR.

Namun perlu diingat saat ini Toyota sedang mengembangkan Fortuner hybrid dengan mesin diesel, yang juga diprediksi akan mengaspal di tahun 2022. Karena mesin Fortuner diesel dan Innova diesel sama yakni 2.4 liter turbo kode GD, maka hal ini bukan tak mungkin juga dapat terjadi.

Seperti telah diketahui jika mesin seri GD ini dipakai sebagai jenis mesin diesel untuk beberapa model kendaraan Toyota sebut saja Hilux, Fortuner, Hiace, serta Innova. Dari beberapa model tersebut ada yang disematkan mesin 2.4L 2GD-FTV, ada pula yang mengusung mesin 1GD-FTV 2.8L.

Dimana nantinya khusus untuk project satu ini, Toyota akan memadukan mesin diesel seri GD dengan mesin GD Hybrid. Untuk project nama mesinnya pun telah ditentukan, yakni 188D.

Apakah Akan Diproduksi di Indonesia?

Tak berhenti sampai disitu, kabar selanjutnya yang beredar terkait pengembangan Toyota Innova bermesin diesel hybrid adalah kemungkinannya untuk diproduksi di Indonesia. Bahkan pihak PT TMMIN (Toyota Motor Manufacturing Indonesia) telah memberikan sinyal kuat menyangkut hal ini.

Nantinya, model-model tersebut akan diproduksi menggunakan model yang telah ada sebelumnya untuk kemudian dibuat versi ini. Sehingga untuk tahap awal, kendaraan akan diproduksi TMMIN dengan mengadaptasi model pendahulunya.

Cara Kerja PHEV

Selain menggunakan bahan bakar minyak, kendaraan model ini juga disematkan sistem penggerak tambahan dimana mengusung tenaga listrik. Meskipun banyak yang menggunakan bahan bakar bensin, namun tak jarang pula bahan bakar solar digunakan selain penggerak motor listrik.

Seperti telah dijelaskan sebelumnya jika mobil Innova hybrid akan masuk ke jajaran PHEV atau Plug in Hybrid Vehicle. Lantas bagaimana cara kerjanya?

Seperti namanya yaitu plug in, kendaraan ini menggunakan sistem pengisian ulang energi di baterai listrik. Pengisian tersebut dapat dilakukan dengan mencolokkan (plug in) kabel konektor ke sumber listrik ataupun secara eksternal. Sehingga kendaraan jenis ini akan mengusung sistem isi ulang energi listrik melalui soket listrik.

Kehadiran Innova hybrid tentu akan sangat menarik dan ditunggu tunggu pasar otomotif Indonesia, terlepas akan mengusung mesin bahan bakar bensin atau diesel. Pasalnya terdapat banyak kelebihan kendaraan bermesin ini, mulai dari irit konsumsi bahan bakar, minim getaran dan suara, hingga meningkatnya kecepatan serta akselerasi.