Penyebab, Risiko dan Obat Asam Lambung Naik

Penyebab, Risiko dan Obat Asam Lambung Naik

September 25, 2021 Off By admin

Asam lambung memiliki fungsi untuk membantu pencernaan protein, mencegah infeksi, hingga memastikan vitamin B-12 terserap secara sempurna. Asam lambung berbentuk cairan encer, tidak memiliki warna, dan bersifat asam yang ada di saluran pencernaan bagian lambung.

Apabila kadar asam lambung berlebih, akan menyebabkan asam lambung naik dan mengakibatkan terjadinya gangguan di saluran pencernaan tubuh. Agar terhindar dari naiknya asam lambung, Anda perlu mengetahui penyebab dan resiko naiknya kadar asam lambung.

Penyebab kenaikan Asam Lambung

Kadar gastrin berlebih menjadi penyebab utama dari permasalahan ini. Gastrin sendiri adalah hormon yang diproduksi sel ā€˜Gā€™ di lapisan lambung serta usus kecil bagian atas. Gastrin memiliki fungsi untuk merangsang pengeluaran asam lambung. Terjadinya produksi gastrin berlebih terpicu oleh beberapa situasi seperti berikut ini.

1. Penyakit Ginjal

Ginjal yang tidak dapat berfungsi secara normal, akan sulit membersihkan hormon gastrin dengan baik. Hal ini juga memicu semakin meningkatnya jumlah gastrin di hasilkan lambung. Oleh karenanya, pasien dengan penyakit ginjal lebih mungkin mengalami peningkatan ini.

2. Sindrom Zollinger-Ellison

Termasuk penyakit langka, sindrom zollinger-ellison dapat menjadi penyebab tumor di daerah pankreas dan usus kecil. Kondisi ini juga bisa disebut dengan gastrinomas. Hal ini juga dapat memicu semakin banyaknya produksi gastrin berlebih dan mengakibatkan asam lambung naik.

3. Infeksi (H.pylori) Helicobacter pylori

Jenis bakteri yang mampu menyerang lapiran pelindung lambung adalah Helicobacter pylori. Dalam beberapa kasus, bakteri ini juga mampu merangsang produksi gastrin berlebih.

4. Hipersekresi Asam Lambung

Kondisi ini dapat merangsang peningkatan sekresi pepsin yang mengakibatkan kerusakan mukosa lambung. Sehingga semakin meningkatnya produksi gastrin.

Faktor Risiko Naiknya Asam Lambung

Kondisi kenaikan ini dapat terjadi pada siapapun. Akan tetapi dalam beberapa kasus ada kondisi yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami gejala ini. Risiko naiknya ini dapat terjadi apabila Anda tiba-tiba berhenti mengonsumsi obat penurun, faktor genetik seperti sindrom Zollinger-Ellison, dan terakhir mengalami infeksi Helicobacter pylori.

Obat-Obat Pilihan untuk Mengatasinya

Selain menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga dan mengkonsumsi makanan-minuman yang sehat agar terhindar serta mencegah terjadinya asam lambung yang naik. Apabila Anda telah mengalami gejalanya, maka berikut adalah beberapa obat yang dapat mengatasinya.

1. Antasida

Obat ini menjadi salah satu obat yang paling banyak digunakan untuk menurunkan kadar asam lambung. Obat antasida juga tersedia di apotek-apotek terdekat.

2. Proton pump inhibitor (PPI)

Obat ini termasuk obat yang sangat ampuh untuk mengatasi asam lambung berlebihan. Kandungan dalam obat ini adalah lansoprazole, esomeprazole, dan juga pantoprazole.

3. H2 Receptor

Jenis obat ini dapat menghambat dan menekan asam lambung naik. Contoh obat H2 blockers yang biasa digunakan adalah cimetidine, famotidine, dan nizatidine.