Memahami Hal Unik Tentang Kopi Untuk Membuat Kopi Enak

Memahami Hal Unik Tentang Kopi Untuk Membuat Kopi Enak

September 20, 2021 Off By admin

Dunia kopi terlihat sudah berkembang pesat akhir-akhir ini. Mereka yang awalnya hanya menyukai kopi instan atau kopi buatan sendiri yang tentu proses pembuatannya tidak mudah, kini pindah ke kedai kopi atau cafe untuk menikmati beragam kopi enak dari mesin kopi yang sudah lebih canggih.

Seiring dengan berkembangnya dunia kopi yang sudah semakin besar sekarang ini, banyak pemula tidak tahu beberapa hal tentang kopi yang banyak disukai. Bagi Anda pecinta kopi yang mungkin ingin mencoba membuat kopi yang nikmat seperti kopi ala cafe, tidak ada salahnya memahami beberapa hal tentang kopi.

Pemahaman Tentang Kopi

1. Arabika vs Robusta

Arabika dan Robusta adalah dua jenis kopi yang berbeda dan paling sering digunakan untuk membuat kopi enak yang mungkin sudah sering Anda minum. Arabika mengandung lebih sedikit kafein daripada robusta. Arabika merupakan jenis kopi paling populer di dunia. Harga kopi robusta juga lebih murah daripada harga kopi Arabika, meski rasanya memang lebih pahit. Kopi yang sering dijual di pasaran biasanya merupakan biji kopi Robusta, mungkin karena harganya yang lebih murah.

2. Kopi Tidak Selalu Pahit dan Hitam

Kebanyakan orang Indonesia percaya bahwa kopi itu selalu berwarna hitam dan memiliki rasa yang pahit. Tapi sebenarnya kopi tidak selalu demikian. Robusta panggang hingga berwarna sangat gelap tidak diragukan lagi memberikan rasa pahit yang luar biasa. Kehitaman dan kepahitan minuman kopi disebabkan oleh proses pemanggangan ini.

Semakin lama biji kopi disangrai, semakin pahit dan hitam kopinya. Ada tiga tingkatan proses sangrai terang, sedang, dan gelap. Kopi tidak boleh dipanggang terlalu gelap karena ini akan merusak sifat biji kopi dan membuat rasanya juga menjadi sangat pahit dan sulit untuk dicampur dengan bahan-bahan yang lain.

3. Kopi Memiliki Beragam Rasa

Maksud dari beragam rasa ini maksudnya yaitu after taste yang dirasakan setelah meneguk kopi yang masih tertinggal di mulut Anda. Anda mungkin tidak menyadari bahwa kopi yang Anda konsumsi dapat menghasilkan rasa yang berbeda pada setiap tegukan.

Tidak semua kopi memiliki karakteristik yang sama apalagi jika diseduh dengan tangan ataupun menggunakan mesin kopi. Ada kopi dengan after taste nutty, cocoa, atau bahkan rasa karamel. Mengapa bisa menghasilkan after taste yang berbeda? Hal ini tergantung pada medan tempat biji kopi dihasilkan serta dari mana kopi berasal serta jenis kopi dan campuran yang diberikan.

Memahami tentang kopi tentu juga bisa membantu Anda membuat kopi enak. Namun jika tidak ingin repot, Anda bisa memanfaatkan mesin kopi otomatis yaitu NESCAFE Dolce Gusto yang cukup memasukkan kapsul kopi ajaib sesuai rasa yang diinginkan dan secangkir kopi siap dinikmati.