Hal Yang Perlu Dihindari Saat Membangun Karakter Anak

Hal Yang Perlu Dihindari Saat Membangun Karakter Anak

September 10, 2021 Off By admin

Ingin punya anak yang cerdas dan karakter positif? Tentunya orang tua perlu membangun karakternya dengan baik sedini mungkin.

Saat membangun karakter anak, ada beberapa hal yang perlu dihindari. Tujuannya supaya anak tidak merasa tertekan ketika diajari orang tuanya.

Apa saja hal yang perlu dihindari saat mengajari karakter anak? Di artikel ini kami akan membahasnya hingga tuntas. Berikut daftarnya :

1. Menuntut terlalu berlebihan pada anak

Orangtua yang terlalu banyak menuntut si anak atau memaksakan kehendaknya pada anak biasanya berpotensi membuat anak menjadi anak yang terlalu ambisius.

Rasa yang terlalu ambisius tersebut perlu dikurangi supaya anak tidak terbawa dengan perilaku negatif hanya untuk mencapai pencapaian tertentu.

Anak yang mempunyai rasa ambisius terlalu tinggi akan membuatnya bisa berbuat curang atau tidak seperti yang diharapkan. Misalnya memperdaya temannya di kemudian hari.

2. Terlalu memanjakan anak

Sikap yang terlalu memanjakan anak bisa mengakibatkan buah hati menjadi anak yang tidak mandiri di masa depan. Bahkan buruknya, anak menjadi kesulitan memutuskan apapun ketika dirinya sudah dewasa.

Sifat yang seperti ini membuat anak selalu bergantung pada orang lain. Ketergantungan inilah yang membuat anak kurang peka dan tidak mempunyai sensitivitas.

Ada baiknya orang tua perlu menghindari beberapa hal yang diminta anak. Orangtua sebaiknya menghindari tindakan yang terlalu memanjakan anak saat ingin membangun karakter anak yang baik.

3. Hindari kekerasan dan jangan sampai berkata kasar

Anak yang berusia 1 hingga 3 tahun biasanya sering mengimitasi orang dewasa, khususnya orang tua mereka. Anak biasanya mempunyai kemampuan berbicara dan kerap menirukan gaya dan juga kata yang diucapkan orangtua.

Biasanya jika orang tua berbicara kurang baik atau kasar baik, secara tidak sadar si anak juga sering berkata kasar ketika mereka dewasa. Jadi, di depan anak kalian hadis berhati-hati saat berbicara.

Tak hanya itu, memakai kekerasan untuk menghukum atau melampiaskan kemarahan pada anak juga perlu dihindari. Orang tua perlu memantau dengan baik perkembangan mental anak.

4. Jangan membandingkan anak dengan orang lain

Siapa sih yang suka dibanding-bandingkan? Hampir semua orang tidak suka, termasuk anak-anak. Sebagai orang tua yang cerdas, jangan sekali-kali membandingkan anak dengan orang lain.

Setiap anak pastinya punya kemampuan yang berbeda. Kemampuan itulah yang harus diketahui oleh orang tua supaya anak bisa tumbuh dengan baik dan pastinya sesuai dengan yang anak harapkan.

Anak yang terlalu dibanding-bandingkan dengan orang lain akan membuatnya tidak percaya diri. Bahkan anak juga menampilkan sifat memberontak pada orang tuanya.

Membangun karakter anak memang tidak segampang yang dibayangkan. Orang tua harus cerdas dan memperhatikan anak dengan baik.

Berikan anak kendali penuh atas apa yang mereka inginkan. Tugas orang tua hanya melihat kemampuan mereka dan mengarahkannya dengan baik saja.