Aturan Saat Memberikan Sereal Bayi Untuk Buah Hati.

Aturan Saat Memberikan Sereal Bayi Untuk Buah Hati.

June 14, 2022 Off By admin

Sereal salah satu makanan pendamping ASI yang boleh diberikan pada bayi asal usianya sudah cukup. Di luar sana ada banyak sekali produk sereal bayi yang dapat orang tua coba untuk anak mereka. Namun, memberikan sereal bayi untuk si buah hati juga harus diperhatikan dengan baik dan jangan asal-asalan.

Sereal memiliki banyak sekali manfaat yang dapat membantu perkembangan si kecil. Berbagai produk sereal yang ada di pasaran juga pastinya sudah diolah sedemikian rupa oleh ahli gizi agar bayi mendapatkan sumber energi dengan baik.

Namun, ada aturan sendiri saat Anda akan memberikan sereal tersebut kepada bayi. Kira-kira apa saja yang perlu diperhatikan oleh para orang tua?

1. Tekstur Sereal

Tekstur pada sereal juga harus diperhatikan dengan cermat, karena bayi memiliki tahapan sendiri untuk tekstur makanan yang harus mereka makan. Saat di usia 6-7 bulan, teksturnya dibuat sehalus mungkin untuk memudahkan mereka menelan. Beda lagi dengan tekstur di usia 8 bulan ke atas, maka bayi bisa makan MPASI yang sedikit kasar dari sebelumnya.

Apabila Anda hendak menambahkan makanan tambahan lain ke dalam sereal, maka usahakan sudah membuatnya sesuai tekstur yang dianjurkan. Dengan memasukkan makanan tambahan pada menu sereal si kecil, maka itu bisa jadi sumber energi atau gizi yang baik untuknya.

2. Sajikan Sereal di Wadah yang Tepat

Tekstur sereal memang dibuat selembut dan sehalus mungkin demi si kecil. Namun, Anda juga harus memperhatikan dari segi penyajiannya. Jangan sekali-kali menyajikan sereal di wadah botol karena itu sama sekali tidak cocok. Meski sudah sedemikian halus, bisa saja hal ini menyebabkan bayi tersedak saat mencoba menelannya.

Ada baiknya apabila sereal yang diberikan untuk bayi disajikan pada wadah khusus seperti mangkuk. Kemudian Anda tinggal menyuapi si kecil pelan-pelan tanpa perlu khawatir anak Anda mengalami tersedak.

3. Porsi Sereal

Selain memperhatikan dari segi tekstur dan penyajian, Anda juga harus memperhatikan dari segi porsi sereal tersebut. Di mana Anda mesti memberikannya secara bertahap, jangan langsung banyak sekaligus. Setidaknya untuk awal mula Anda bisa memberikan sebanyak 2-3 sendok saja dalam 1 porsi.

Nantinya, si kecil akan memberitahukan kepada Anda apakah porsinya sudah cukup atau masih kurang. Biasanya saat sudah cukup bayi akan menolak dan saat itu Anda harus berhenti, tak perlu memaksanya menghabiskan porsi yang sudah disediakan.

Namun, jika buah hati Anda menyukainya dan lahap memakannya, maka bisa berikan porsi sedikit lebih banyak dari sebelumnya. Memberikan porsi yang tepat akan mencegahnya dari kekenyangan yang membuat perutnya tidak nyaman.

Nah, itulah sedikit tentang aturan pemberian sereal bayi yang bisa Anda perhatikan. Tetap sabar dan jangan berlebihan apalagi sampai memaksakan makanan pada bayi Anda.