4 Jenis Makanan yang Mengandung Zat Besi Menyehatkan

4 Jenis Makanan yang Mengandung Zat Besi Menyehatkan

September 22, 2021 Off By admin

Zat besi adalah salah satu jenis mineral penting yang memiliki banyak fungsi bagi tubuh seperti membentuk sel darah merah. Mineral ini hanya bisa didapatkan melalui konsumsi berbagai makanan dan ketika kekurangan, maka bisa menyebabkan rasa pusing. Terdapat beberapa makanan yang mengandung zat besi tinggi dan cocok untuk pemenuh kebutuhan harian.

1. Kerang

Makanan pertama ada kerang terutama jenis oysters, tiram, maupun remis yang memang terasa nikmat dikonsumsi. Kandungan zat besi pada tiram merupakan kandungan heme yang membuat tubuh lebih mudah menyerapnya dibandingkan pada tanaman.

Kerang sendiri juga memiliki kandungan nutrisi tinggi yang bisa menyebabkan keberadaan tingkat kolesterol baik menjadi tinggi. Meskipun ada pro dan kontra terkait kandungan zat beracun dan merkuri di dalam kerang, tetapi manfaatnya masih lebih banyak lagi.

2. Bayam

Jenis makanan kedua yaitu bayam yang punya beragam manfaat tetapi dengan kandungan kalorinya yang rendah, cocok untuk diet. Di setiap 100 gram bayam mentah, terkandung sekitar 2,7 mg zat besi atau setara dengan 15% dari kebutuhan harian.

Meskipun zat besi dari bayam lebih sulit diserap, adanya kandungan nutrisi lain seperti vitamin C bisa membantu penyerapan. Selain itu, ada juga kandungan karotenoid yang berfungsi menurunkan resiko kanker, resiko inflamasi, hingga menjaga kesehatan mata.

3. Organ Dalam

Bagian organ dalam hewan ternyata memiliki kandungan nutrisi tinggi mulai dari bagian hati, paru-paru, hingga otak hewan. Semuanya mengandung zat besi tinggi misalnya saja pada bagian hati yang setiap 100 gram mengandung 6.5 mg zat besi.

Ini berarti dengan mengkonsumsi hati, kebutuhan 36% dari tubuh akan zat besi sudah bisa terpenuhi. Di dalam organ dalam juga mengandung nutrisi lain seperti misalnya vitamin A, vitamin B, hingga kolin yang baik untuk otak.

4. Polong-Polongan

Kemudian ada juga polong-polongan yang memang terkenal akan kandungan nutrisinya yang beragam dan tinggi. Hampir semua jenis polong-polongan mengandung zat besi tinggi yang setiap 198 gram bisa memenuhi 37% dari kebutuhan harian. Polong-polongan juga terdapat kandungan serat yang sangat tinggi dan bisa membantu dalam mengurangi berat badan.

Kacang-kacangan seperti kacang hitam hingga kacang merah misalnya juga dapat membantu tubuh dalam penyerapan zat besi. Ada kandungan lain dari polong-polongan seperti folat, potassium, hingga magnesium yang semuanya diperlukan oleh tubuh. Beberapa penelitian bahkan menemukan bahwa polong-polongan bisa mengurangi inflamasi pada penderita diabetes.

Itulah dia 4 jenis makanan yang mengandung zat besi tinggi dan bisa dikonsumsi tanpa perlu kesulitan mencarinya. Berbagai kandungan nutrisi lainnya dalam makanan tersebut juga bisa membantu metabolism anak hingga dewasa. Selalu perhatikan bagaimana asupan zat besi harian supaya tidak terjadi masalah tubuh seperti anemia.